selamat datang di WEBSITE KPU Kota padangsidempuan provinsi sumatera utara   Click to listen highlighted text! selamat datang di WEBSITE KPU Kota padangsidempuan provinsi sumatera utara

Ini Peran Desk Pilkada Pemerintah Daerah Dalam Pilkada

Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Padangsidimpuan saat menyampaikan materinya pada acara Sosialisasi Desk Pilkada yang diselenggarakan Pemerintah Kota Padangsidimpuan, di Aula SMKN1, Kamis (19/4).

PADANGSIDIMPUAN
Jajaran Pemerintah Kota Padangsidimpuan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Desk Pilkada, di Aula SMKN 1, Kamis (19/4).

“Pilkada itu untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota tanggal 27 Juni mendatang. Segala ekspresi dan aspirasi kita dikendalikan oleh ‘segelintir’ orang untuk menentukan kehidupan sehari-hari melalui kebijakan yang diambilnya. Segelintir orang itulah yang akan menjadi pemimpin dan wakil kita,” kata Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Padangsidimpuan, Muktar Helmi Nasution SPd I MPd, saat menjadi Narasumber dalam acara Desk Pilkada.

Dalam Desk Pilkada, lanjut Muktar, ada 4 peran Pemerintah Daerah. Pertama, melakukan pemantauan pelaksanaan Pilkada di daerah, kedua menginventarisasi dan mengantisipasi permasalahan Pilkada, ketiga memberikan saran dalam penyelesaian permasalahan Pilkada. Keempat, melaporkan informasi mengenai permasalahan dan perkembangan persiapan dan pelaksanaan Pilkada secara berjenjang dan melaporkannya rutin setiap hari, yakni laporan pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur disampaikan kepada Mendagri, serta laporan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota disampaikan kepada Mendagri melalui Gubernur

Sedangkan dukungan pemerintah, kata Muktar, penyediaan dana Pilkada (NPHD), Penyiapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), Koordinasi Pemeliharaan Keamanan/Ketertiban berdasarkan tingkat kerawanan (IKP) dan koordinasi kelancaran teknis penyelenggaraan Pilkada pada masing-masing Pemerintah Daerah. “Itulah poin pentingnya dukungan pemerintah daerah dalam pelaksanaan Pilkada Serentak. Saya berharap kepala desa, lurah, camat dan semua kita yang hadir dapat meneruskan informasi atau aturan yang telah saya sampaikan kepada masyarakat bahwa selain membawa undangan memilih, pemilih wajib menunjukkan KTP Elektronik atau Surat Keterangan (Suket) kepada KPPS saat di TPS. Hal ini tentu satu bukti dukungan pemerintah yang sangat nyata, berhubung anggaran sosialisasi pilkada yang ditampung pada RAB Pilkada sangat terbatas sekali,” ujarnya.

Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, juga memaparkan agar masyarakat dapat menjadi pemilih cerdas dalam pelaksanaan Pilkada Serentak di wilayah Kota Padangsidimpuan. “Kenali kandidatnya, kemudian melihat bagaimana visi-misi termasuk rekam jejaknya. Jika sudah dikenali kandidatnya, dan mengetahui bagaimana riwayat hidupnya (rekam jejak, red). Kemudian cara berikutnya datang ke TPS memberikan hak suara.Terakhir, awasi bagaimana kinerjanya, jangan pilih lagi di periode berikutnya apabila tidak amanah,” paparnya Muktar.

Ketua Panitia Penyelenggara, Roy Susanto Siagian SSTP MM pada kesempatan itu menyampaikan tujuan diadakannya sosialisasi Desk Pilkada ini untuk memberikan pengetahuan kepada seluruh ASN dan Kepala Desa se kota Padangsidimpuan dalam menghadapi Pilkada Serentak yang diselenggarakan pada Hari Rabu, tanggal 27 Juni mendatang.

Kegiatan yang dihadiri seluruh Lurah, Kepala Desa se Kota Padangsidimpuan ini menghadirkan Narasumber dari KPU Kota Padangsidimpuan yang diwakili Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Muktar Helmi Nasution SPd I MPd. Selain itu, ada Ketua Panwaslih Syafri Muda Harahap SE, dan Asisten I Iswan Nagabe Lubis SSos MSi menjadi pemateri. Kemudian, turut hadir para camat dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kota Padangsidimpuan.

“Mari kita sukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di wilayah Kota Padangsidiimpuan. Suara yang diberikan nanti akan menentukan pemimpin kita 5 tahun ke depan, tentu dengan harapan dapat membawa Kota Padangsidimpuan ke arah yang lebih baik,” sebut Pj Walikota Padangsidimpuan Dr H Sarmadan Hasibuan SH MM yang membuka kegiatan secara resmi.

Pemateri lainnya, Iswan Nagabe Lubis menjelaskan tentang peran pemerintah dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah. Sedangkan Ketua Panwaslih Syafri Muda Harahap SE memaparkan tentang Pengawasan Pilkada dalam Pemilu. (admin).

Bagikan ini

Comments are closed.

Mengecil dan Memperbesar Huruf
Click to listen highlighted text!