selamat datang di WEBSITE KPU Kota padangsidempuan provinsi sumatera utara   Click to listen highlighted text! selamat datang di WEBSITE KPU Kota padangsidempuan provinsi sumatera utara

Sosialisasi Pilgub/Pilwalkot di Kecamatan, Ingat.. KTP El atau Suket Syarat Wajib Memilih 27 Juni Mendatang

Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat saat memaparkan materi Sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota di Kantor Kecamatan, beberapa waktu lalu. Sosisalisasi ini berlangsung di 6 Kecamatan se Kota Padangsidimpuan.

PADANGSIDIMPUAN

Jajaran KPU Kota Padangsidimpuan mengingatkan kembali pemilih agar segera merekam Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El). Sebab KTP El atau Surat Keterangan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil merupakan syarat wajib untuk memilih.

“Ayah, Umak, Anggi, sude na terdaftar sebagai pemilih (semua yang terdaftar sebagai pemilih), KTP Elektronik atau Surat Keterangan i wajib dei i oban tu TPS (wajib dibawa ke TPS). Anso bisa hita mancoblos tanggal 27 Juni on (Supaya bisa kita mencoblos tanggal 27 mendatang),” kata Koordinator SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Padangsidimpuan, Muktar Helmi Nasution SPd I MPd mengawali pemaparannya, saat Sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Psp Utara tahun 2018, di Kantor Kecamatan Psp Utara, beberapa waktu lalu.

Muktar sapaan akrabnya, menjelaskan KTP El atau Suket (Surat Keterangan) itu menjadi syarat wajib sesuai dengan ketentuan aturan yang tercantum pada Pasal 7 Ayat 2 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 8 tahun 2018. Dalam aturan itu disebutkan, dalam memberikan suara di TPS, Pemilih menunjukkan formulir Model C6-KWK dan wajib menunjukkan KTP-el atau Surat Keterangan Kepada KPPS.

“Nah, itulah makanya kita terus mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat yang belum merekam agar secepatnya melakukan perekaman KTP Elektronik. Kalau belum ada Blanko KTP Elektroniknya, kita masih bisa menggunakan Surat Keterangan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” jelas Muktar.

Selain itu, KPU Kota Padangsidimpuan juga memaparkan bagaimana yang dimaksud dengan pemilih cerdas pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan tahun 2018. Yaitu dengan cara mencari mengenali kandidatnya, kemudian melihat bagaimana visi-misi termasuk rekam jejaknya.

“Jika sudah dikenali kandidatnya, dan mengetahui bagaimana riwayat hidupnya (rekam jejak, red). Kemudian cara berikutnya datang ke TPS memberikan hak suara.Terakhir, awasi bagaimana kinerjanya, jangan pilih lagi di periode berikutnya apabila tidak amanah,” paparnya Muktar.

Sosialisasi yang berlangsung di 6 Kecamatan, mulai dari Kecamatan Psp Tenggara, Kecamatan Psp Hutaimbaru, Kecamatan Psp Selatan, Kecamatan Psp Utara, Kecamatan Psp Batunadua dan Kecamatan Psp Angkola Julu dihadiri 30 orang peserta di setiap kecamatan. Pesertanya terdiri dari kaum Ibu (Pemilih Perempuan), Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Pemilih Pemula.

Jajaran Komisi Pemilihan Umum Kota Padangsidimpuan juga menekankan kepada pemilih agar menolak politik uang pada Pilkada Serentak mendatang. Karena politik uang akan berdampak terhadap pembangunan 5 tahun ke depan. “Saatnya kita menentukan…, Pemilih cerdas, akan menghasilkan pemimpin yang berkualitas,” pungkasnya. (Admin)

Bagikan ini

Comments are closed.

Mengecil dan Memperbesar Huruf
Click to listen highlighted text!