selamat datang di WEBSITE KPU Kota padangsidempuan provinsi sumatera utara   Click to listen highlighted text! selamat datang di WEBSITE KPU Kota padangsidempuan provinsi sumatera utara

Tidak Menaati Aturan, KPU Padangsidimpuan Berikan Surat Peringatan kepada Paslon

PADANGSIDIMPUAN

Jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangsidimpuan mengeluarkan surat peringatan kepada Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota tahun 2018.

Hal itu sesuai dengan surat KPU Padangsidimpuan nomor 257/PL.03.2-SD/1277/KPU-Kota/III/2018. Surat peringatan itu diberikan akibat masih adanya aturan yang dilanggar oleh Pasangan Calon dalam mengikuti tahapan masa kampanye.

“Ya, sore ini juga kita akan kasih suratnya langsung kepada Paslon,” kata Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Muktar Helmi Nasution SPd I MPd, Kamis (8/3).

Muktar menjelaskan, dasar dari surat peringatan itu sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 4 tahun 2017 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Walikota dan Wakil Walikota, Keputusan KPU Kota Padangsidimpuan nomor : 14/HK.03.1-Kpts/1277/KPU-Kota/II/2018 tentang Bahan Kampanye, Alat Peraga Kampanye dan Jadwal Kampanye Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota tahun 2018. Serta surat Panwaslih Kota Padangsidimpuan nomor : P-0804/K. Panwas-29/PM.00.02/03/2018 tanggal 8 Maret 2018 perihal Rekomendasi Penertiban Bahan Kampanye.

Berdasarkan hal tersebut, lanjut Muktar, KPU Kota Padangsidimpuan mengeluarkan 5 poin peringatan dalam surat itu. Pertama, bagi Tim Kampanye atau Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota segera menyampaikan Jadwal Kampanye masing-masing paling lambat tanggal 12 Maret 2018 ke Kantor Komisi Pemilihan Umum Padangsidimpuan untuk Bulan Maret, Jadwal Kampanye untuk Bulan April paling lambat diserahkan pada tanggal 3 April 2018 ke Kantor Komisi Pemilihan Umum Kota Padangsidimpuan, Jadwal Kampanye untuk Bulan Mei paling lambat diserahkan pada tanggal 3 Mei 2018 ke Kantor Komisi Pemilihan Umum Kota Padangsidimpuan.

Kedua, bagi Tim Kampanye atau Pasangan Calon segera menyerahkan Desain Bahan Kampanye yang difasilitasi berupa selebaran, brosur, pamflet, poster paling lambat tanggal 12 Maret 2018, bila belum diserahkan ke Kantor Komisi Pemilihan Umum Kota Padangsidimpuan sampai batas waktu yang telah ditetapkan maka Komisi Pemilihan Umum Kota Padangsidimpuan tidak akan mencetak bahan kampanye pasangan calon yang bersangkutan.

Ketiga, lanjut Muktar, bagi Tim Kampanye atau Pasangan Calon segera menarik bahan kampanye yang telah disebarkan yang menyalahi aturan maupun tempat pemasangan/penempelannya paling lambat 1×24 jam. Keempat, bagi Tim Kampanye atua Pasangan Calon yang melakukan pencetakan APK dan Bahan Kampanye diluar yang dicetak KPU Kota Padangsidimpuan segera menyampaikan desainnya ke Kantor Komisi Pemilihan Umum Kota Padangsidimpuan beserta bukti pemesanan sebelum melakukan pencetakan.

Terakhir, kelima, bagi Tim Kampanye atau Pasangan Calon yang memasang Iklan di Media Cetak atau Media Elektronik segera menghentikan penayangannya paling lambat 1×24 jam. Surat itu ditembuskan ke Kapolres Kota Padangsidimpuan, Ketua Panwaslih Padangsidimpuan, Kasatpol PP Kota Padangsidimpuan, dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Padangsidimpuan.

“Kita akan tunggu tindaklanjutnya dari Pasangan Calon, jika belum ada akan kita berikan tindakan selanjutnya sesuai dengan aturan yang berlaku,” pungkasnya. (Admin)

Bagikan ini

Comments are closed.

Mengecil dan Memperbesar Huruf
Click to listen highlighted text!