selamat datang di WEBSITE KPU Kota padangsidempuan provinsi sumatera utara   Click to listen highlighted text! selamat datang di WEBSITE KPU Kota padangsidempuan provinsi sumatera utara

SAH… Bahan Kampanye di Angkutan Umum Tidak Diperbolehkan

Jajaran KPU Kota Padangsidimpuan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Terkait Pelaksanaan Kampanye Berkeadilan dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan tahun 2018, di Sopo Godang Demokrasi, Selasa (27/2).

PADANGSIDIMPUAN

Bahan Kampanye Pasangan Calon yang menempel di Angkutan Umum seperti di Angkutan Kota dan Becak Motor secara tegas melanggar aturan. Sehingga seluruh bahan kampanye yang menempel di Angkutan Umum harus diturunkan sebelum ada penertiban.

Hal itu merupakan salah satu keputusan poin Rapat Koordinasi Terkait Pelaksanaan Kampanye Berkeadilan dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan tahun 2018, di Sopo Godang Demokrasi KPU Kota Padangsidimpuan, Selasa (27/2).

Hasil rapat koordinasi tersebut tertuang dalam Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kota Padangsidimpuan nomor :14/HK.03.1-Kpt/1277/KPU-Kota/II/2018 Tentang Bahan Kampanye, Alat Peraga Kampanye dan Jadwal Kampanye Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota tahun 2018.

Rapat Koordinasi Terkait Pelaksanaan Kampanye Berkeadilan ini sendiri disesuaikan dengan PKPU nomor 4 tahun 2017 tentang Kampanye. Dalam rapat itu, ada 6 poin yang disetujui bersama dalam mewujudkan Kampanye Berkeadilan.

Kesatu, jadwal kampanye Pasangan Calon mulai tanggal 15 Februari hingga 9 Juni dibuat dan disampaikan ke KPU Kota Padangsidimpuan. Kedua, Jadwal Kampanye Pasangan Calon dilaporkan secara berkala (setiap bulan). Ketiga, sebelum mencetak Bahan Kampanye dan Alat Peraga Kampanye desainnya wajib disampaikan kepada KPU Kota Padangsidimpuan oleh Tim Kampanye (Pasangan Calon).

Keempat, Tim Kampanye (Pasangan Calon) dilarang memasang atau menempel Bahan Kampanye pada Angkutan Umum dan Betor.
Kelima, Tim Kampanye (Pasangan Calon) wajib melaporkan kepada KPU Kota Padangsidimpuan jumlah bahan kampanye dan alat peraga kampanye yang dicetak. Keenam, keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan.

“Saya pikir dengan keempat poin ini bola panas yang beredar di tengah-tengah masyarakat sudah terjawab. Nanti, keempat poin ini akan dibuat Surat Keputusan dari KPU Kota Padangsidimpuan,” kata Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Muktar Helmi Nasution SPd I MPd.

Pada kesempatan itu, Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Ramadhan Syakti Siregar SE, mengingatkan Pasangan Calon agar melaksanakan ketentuan aturan dan poin yang telah disepakati bersama. Dengan harapan tidak ada lagi pelanggaran yang ditemukan selama masa kampanye berlangsung.

“Perlu kami ingatkan kembali. Bagaimana dengan bahan kampanye yang sudah bertebaran. Semua Paslon harus taat terhadap aturan, kita tunggu agar diturunkan yang menyalahi aturan,” tuturnya.

Panwaslih sendiri akan menertibkan APK atau bahan kampanye yang menyalahi aturan apabila Pasangan Calon masih melanggar aturan. Rapat itu dibuka langsung oleh Plh Ketua KPU Kota Padangsidimpuan yang juga Koordinator Divisi Perencanaan dan Data Ahmad Rasid SPd. Turut Koordinator Divisi Hukum Drs Hatimbulan Siregar, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Rahmat Aziz Hasiholan Simamora SSos, Pihak Kepolisian dan Pasangan Calon serta Tim Kampanye. (Admin)

Bagikan ini

Comments are closed.

Mengecil dan Memperbesar Huruf
Click to listen highlighted text!