selamat datang di WEBSITE KPU Kota padangsidempuan provinsi sumatera utara   Click to listen highlighted text! selamat datang di WEBSITE KPU Kota padangsidempuan provinsi sumatera utara

Rapat Kerja Penataan Dapil dan Simulasi Penghitungan Alokasi Kursi Pileg 2019, Diusulkan 5 Dapil

Ketua KPU Kota Padangsidimpuan DR Arbanur Rasyid MA (Divisi Teknis) didampingi Komisoner KPU lainnya, Muktar Helmi Nasution SPd I MPd (Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat), Ahmad Rasid Nasution SPd (Divisi Perencanaan dan Data), Drs Hatimbulan Siregar (Divisi Hukum) Sekretaris KPU Ahmad Nasirwan SSos diwakili Kasubbag Program dan Data Sahlan Basri SH, membuka secara resmi kegiatan Rapat Kerja, Senin (18/12).

PADANGSIDIMPUAN

Daerah Pemilihan (Dapil) Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019 mendatang diusulkan menjadi 5 Dapil di wilayah Kota Padangsidimpuan.

Usulan itu muncul saat Jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangsidimpuan melaksanakan kegiatan Rapat Kerja Penataan Daerah Pemilihan dan Simulasi Penghitungan Alokasi Kursi Pemilu Anggota DPRD Kota Padangsidimpuan tahun 2019, di Aula Hotel Sitamiang, Senin (18/12).

“Usulan dari kita 5 Daerah Pemilihan. Kenapa 5 Dapil?, kami melihat akan lebih efektif dalam hal penyerapan aspirasi masyarakat dari masing-masing dapil,” kata Ketua DPC Partai Demokrat Psp, H Khoiruddin Nasution SE MSP, saat memberikan tanggapan dalam sesi diskusi kegiatan Rapat Kerja Penataan Daerah Pemilihan dan Simulasi Penghitungan Alokasi Kursi Pemilu Anggota DPRD.

KN sapaan akrabnya juga menuturkan alasannya dari sisi partai politik. Dengan 5 dapil, menurutnya, akan dapat meminimalisir atau mengurangi beban moril. “Dengan membuat dapil yang lebih banyak, maka secara emosional akan lebih dekat penyerapan aspirasi masyarakat. Saya memperhatikan, kita harus jujur, kita di Legislatif (DPRD) keterwakilan dari masing-masing kecamatan masih kurang,” paparnya.

Adapun 5 Dapil yang diusulkan tersebut ialah Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru gabung dengan Kecamatan Angkola Julu, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, dan Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara.

“Kita akui, dari segi kultur dan kebiasaan masih ada keterkaitan antara Hutaimbaru dengan Angkola Julu,” tambahnya.

Kegiatan itu dihadiri oleh Pimpinan Partai Politik, Tokoh Masyarakat, dan Insan Pers yang bertugas di wilayah Kota Padangsidimpuan. Dan dibuka langsung oleh Ketua KPU Kota Padangsidimpuan DR Arbanur Rasyid MA (Divisi Teknis) didampingi Komisoner KPU lainnya, Muktar Helmi Nasution SPd I MPd (Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat), Ahmad Rasid Nasution SPd (Divisi Perencanaan dan Data), Drs Hatimbulan Siregar (Divisi Hukum) dan Ketua Panwaslih Padangsidimpuan Syafri Muda Harahap. Kemudian, Sekretaris KPU Ahmad Nasirwan SSos diwakili Kasubbag Program dan Data Sahlan Basri SH, Kasubbag Hukum Dheka Ria Murti Lubis SH dan Kasubbag Teknis dan Hupmas Sutan Lubis SP (Moderator).

“Kegiatan ini sesuai dengan dasar hukum yang telah ditetapkan. Maksud dan tujuannya untuk menyampaikan dan menyerap aspirasi terkait dengan penataan Dapil dan alokasi kursi Pileg 2019. Serta kegiatan ini diikuti oleh Pimpinan Partai Politik, Tokoh Masyarakat dan Insan Pers,” kata Kasubbag Program dan Data Sahlan Basri SH mewakili Sekretaris KPU saat menyampaikan laporan.

Sementara itu Ketua KPU Kota Padangsidimpuan Dr Arbanur Rasyid MA menerangkan tujuan KPU mengundang pimpinan partai politik dalam kegiatan rapat kerja tersebut.

“Sebagai informasi, bahwa sudah kami lakukan kegiatan yang sama dengan tokoh masyarakat, ulama, camat dan unsur lainnya. Dalam pemetaan dapil ini. Sebagai pelaksanaan nantinya, kami melayani, dan hasilnya nanti itu yang akan kami sampaikan. Untuk itu kita berdiskusi, jika ada masalah, mari kita musyawarahkan,” paparnya.

Seterusnya, Arbanur menjelaskan bahwa ada 2 usulan dalam penataan dapil. Yaitu 5 Daerah Pemilihan dan 4 Daerah Pemilihan.

“Mana nantinya yang terbaik, kita nikmati saja. Untuk Dapil, ada pilihan. Pertama bisa 5 (Psp Utara, Psp Selatan, Psp Hutaimbaru-Psp Angkola Julu, Psp Batunadua, dan Psp Tenggara)
dan bisa 4 (Psp Utara, Psp Selatan, Psp Hutaimbaru-Angkola Julu, dan Psp Batunadua-PspTenggara. Penataan dapil ini untuk kebaikan kita semua,” jelasnya.

Dalam catatannya, beradasarkan DAK2 Psp Utara 62.325 jiwa, Psp Selatan 70.871 jiwa, Psp Batunadua 28.294 jiwa, Psp Hutaimbaru 20.381 jiwa, Psp Tenggara 37.261 jiwa dan Psp Angkola Julu 9.297 jiwa. Dengan total penduduk Kota Padangsidimpuan berjumlah 228.429 jiwa.

“‎Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, maka rapat kerja dan simulasi penghitungan alokasi kursi pemilu anggota DPRD tahun 2019. KPU Melayani, Rumah Pintar Pemilu, Ingat Rabu 27 Juni 2018 Rap Mancoplos Hita Sudena, secara resmi saya buka,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Muktar Helmi Nasution SPd I MPd dan Ketua KPU Kota Padangsidimpuan Dr Arbanur Rasyid MA menjadi pemateri. Keduanya memaparkan Mekanisme Kerja Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Pemilu Tahun 2019. (Admin)

Bagikan ini

Comments are closed.

Mengecil dan Memperbesar Huruf
Click to listen highlighted text!