Click to listen highlighted text!

Hasil Sementara Pastisipasi Pemilih Pilkada Padangsidimpuan 75,28 Persen, Naik 7 Persen Dibanding Pilkada 2012

Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Padangsidimpuan.

PADANGSIDIMPUAN

Partisipasi Pemilih pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan tahun 2018 mengalami kenaikan dibandingkan dengan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan tahun 2012 lalu. Ada sekitar 7 persen angka partisipasi pemilih mengalami kenaikan dari hasil sementara perolehan suara.

“Alhamdulillah. Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan sangat antusias diikuti oleh masyarakat Kota Padangsidimpuan,” kata Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Muktar Helmi Nasution SPd I MPd, Sabtu (30/6).

Muktar sapaan akrabnya menjelaskan, hasil perolehan suara sementara telah dapat diakses melalui alamat website KPU RI (https://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018) beberapa jam setelah selesai perhitungan di tingkat TPS. Akan tetapi, hasil yang keluar masih tetap berproses sesuai dengan data yang telah di laporkan oleh KPU tingkat Kabupaten/Kota (KPU Kota Padangsidimpuan).

“Angka real count-nya baru terlihat kalau didata itu 100 persen suara yang sudah masuk dari TPS. Hari pertama belum kelihatan, masih sekitar 70 persen lebih. Kemudian, hari kedua (setelah pemilihan) baru di angka 90 persen suara yang masuk. Begitu seterusnya hingga mencapai angka 100 persen,” kata Muktar.

Pada Hari Minggu (30/6), lanjut Muktar, suara yang masuk sudah mencapai 99,81 persen atau 523 TPS dari 524 TPS yang ada di Kota Padangsidimpuan. “Hasil sementara ini bisa kita gambarkan langsung kenaikan partisipasi pemilih Pilkada tahun ini dibandingkan 5 tahun yang lalu,” terangnya.

Dari hasil sementara tersebut, kata Muktar, Pilkada Kota Padangsidimpuan tahun 2018 memperoleh angka partisipasi pemilih sekitar 75,28 persen. Sementara pada tahun 2012 lalu angka partisipasinya sekitar 68,56 persen.

“Keberhasilan ini semata-mata bukan keberhasilan KPU Kota Padangsidimpuan, melainkan keberhasilan seluruh elemen masyarakat Kota Padangsidimpuan yang telah mensukseskan Pilkada tahun 2018. Dengan begitu, dapat kita simpilkan demokrasi di Kota Padangsidimpuan semakin meningkat, tentu KPU Kota Padangsidimpuan berharap partisipasi ini semakin lebih baik di Pemilihan Umum berikutnya,” tuturnya.

Berdasarkan Hasil Perolehan Suara Pasangan Calon Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan tahun 2018 yang ada di website KPU RI tersebut. Hasilnya, Pasangan Calon nomor 1 H Muhammad Isnandar Nasution SSos dan Dr H Ali Pada Harahap MPd memperoleh suara sebanyak 25.073 suara atau 25,47 persen.

Pasangan Calon nomor 2 H Rusydi Nasution STP MM dan Drs H Abdul Rosad Lubis MM memperoleh suara sebanyak 29.866 suara atau 30,33 persen. Dan Pasangan Calon nomor 3 Irsan Efendi Nasution SH dan Ir H Arwin Siregar MM memperoleh suara sebanyak 43.517 atau 44,20 persen. (admin)

Bagikan ini

Comments are closed.

Mengecil dan Memperbesar Huruf
Click to listen highlighted text!