Click to listen highlighted text!

Jajaran KPU Padangsidimpuan Gelar Bimtek dengan Anggota KPPS 4

Ketua KPU Kota Padangsidimpuan menyampaikan materinya dihadapan seluruh anggota KPPS 4 yang mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Pemungutan dan Perhitungan Suara, di Aula IPTS, Jumat (22/6) lalu.

PADANGSIDIMPUAN

Jajaran KPU Kota Padangsidimpuan melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pemungutan dan Perhitungan Suara di TPS terkait dengan tuga anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 4 se Kota Padangsidimpuan, di Aula IPTS, Jumat (22/6).

Kegiatan itu dihadiri oleh Ketua KPU Kota Padangsidimpuan yang juga Koordinator Divisi Teknis Dr H Arbanur Rasyid MA, Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Muktar Helmi Nasution SPd I MPd, Koordinator Divisi Perencanaan dan Data Ahmad Rasid SPd, dan Anggota PPK. Serta seluruh anggota KPPS 4 yang menjadi peserta bimtek.

“Kita sengaja melakukan kegiatan ini agar Anggota KPPS 4 dapat mengerti bagaimana tugasnya di TPS. Serta persyaratan pemilih untuk memberikan hak suaranya di TPS. Dengan harapan anggota KPPS 4 dapat bekerja sesuai dengan ketentuan aturan yang berlaku,” kata Ketua KPU Kota Padangsidimpuan, Dr H Arbanur Rasyid MA.

Pada kesempatan itu, jajaran KPU Kota Padangsidimpuan yang menjadi narasumber kegiatan memaparkan terkait dengan tugas anggota KPPS 4 sesuai dengan ketentuan PKPU nomor 8 tahun 2018 tentang Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota. Serta Surat KPU RI nomor 574/PL.6-SD/06/VI/2018 perihal Penyelenggaraan Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilihan 2018.

Anggota KPPS 4 bertugas Menerima C6/A5/Identitas pemilih dan mencocokkan nama pemilih dengan salinan Daftar Pemilih, Memberi tanda pada salinan Daftar Pemilih serta Memeriksa jari tangan pemilih.

Kemudian, Anggota KPPS 4 dibekali dengan kategori pemilih. Pertama, pemilih yang terdaftar di DPT (Daftar Pemilih Tetap). Persyaratannya,pemilih harus menunjukkan KTP Elektronik atau Suket, C6 (Pemberitahuan/Undangan Memilih). Jika pemilih hanya membawa C6 dan tidak membawa KTP El/Suket, maka tetap diperbolehkan memilih sesuai dengan nomor urutnya yang terdaftar di DPT. Tetapi, jika tidak membawa C6 dan KTP El/Suket, maka tidak diperbolehkan untuk memilih. Sedangkan waktu memilih mulai dari pukul 07.00 WIB hingga 13.00 WIB.

Kedua, Pemilih Daftar Pemilih Pindahan (DPPh). Persyaratannya membawa Formulir A5, membawa Formulir A5 tidak membawa KTP El/Suket tetap diperbolehkan memilih, jika tidak membawa A5 maka tidak diperbolehkan. Waktu mulai memilih dari pukul 07.00 WIB hingga 13.00 WIB.

Ketiga, Pemilih Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Ini ditujukan untuk warga di TPS yang belum terdata di di Daftar Pemilih Tetap (DPT). Persyaratannya, membawa KTP Elektronik atau Surat Keterangan. Waktu memilih pada pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB. (Admin)

Bagikan ini

Comments are closed.

Mengecil dan Memperbesar Huruf
Click to listen highlighted text!