selamat datang di WEBSITE KPU Kota padangsidempuan provinsi sumatera utara   Click to listen highlighted text! selamat datang di WEBSITE KPU Kota padangsidempuan provinsi sumatera utara

Surat Suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan Telah Tiba di Sekretariat KPU

Jajaran Kepolisian Resort Padangsidimpuan yang didampingi Komisioner Panwaslih, dan Plh Ketua KPU Kota Padangsidimpuan ‎membuka Segel Truk yang datang membawa Surat Suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota, Kamis (24/5)

PADANGSIDIMPUAN

Truk pengangkut Surat Suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan tahun 2018, di Halaman Sekretariat KPU Padangsidimpuan, Rabu (23/5) malam.

Surat Suara yang dibawa Truk Bernopol B9764AD ini tiba di Kantor KPU Kota Padangsidimpuan sekitar pukul 10.45 WIB. Surat Suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padnagsidimpuan ini berasal dari Kudus atau percetakan PT Pura Barutama.

Pihak Kepolisian didampingi KPU Padangsidimpuan dan Panwaslih membuka secara resmis segel pintu truk. Setelah diperiksa bersama, ada kekurangan surat suara yang dikirim oleh PT Pura Barutama.

Saat itu hadir Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya SIK bersama jajarannya, Komisioner Panwasli Rahmat Aziz Hasiholan Simamora, Plh Ketua KPU Drs H Hatimbulan Siregar, Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Muktar Helmi Nasution SPd I MPd, Kasubbag Keuangan Umum dan Logistik Mahyuni Mardia SSos dan jajaran staf/pegawai KPU Kota Padangsidimpuan.

Surat suara yang dipesan oleh KPU Kota Padangsidimpuan sebanyak 140.889 surat suara. Jumlah ini DPT (Daftar Pemilih Tetap) 137.195 ditambah Surat Suara Tambahan yang berjumlah 2,5 persen berbasis TPS dengan pembulatan angka ke atas. Sehinga total pemesanan surat suara berjumlah 70 kotak dengan isi 2.000 surat suara dan 1 kotak dengan isi 889 surat suara.

Sementara surat suara yang yang diantar PT Pura Barutama ke KPU Kota Padangsidimpuan sebanyak 69 kotak surat suara, dan 1 kota surat suara pemilihan ulang. Sehingga ada kekurangan 1 kotak untuk surat suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan.

Pihak KPU Kota Padangsidimpuan yang diwakili Kasubbag Keuangan, Umum dan Logistik, Mahyuni Mardia SSos berusaha untuk konfirmasi kepada pihak PT Pura Barutama terkait dengan surat suara yang dibawa tersebut, namun belum mendapatkan hasil pada malam itu.

“Ini yang kita pesan pak (sambil memperlihatkan kertas berita acara) waktu itu. Saya sudah coba hubungi, tapi belum bisa tersambung,” kata Mahyuni saat berbincang dengan pihak Kepolisian dan Panwaslih Padangsidimpuan.

Pihak Kepolisian, Panwaslih, dan KPU Kota Padangsidimpuan menyaksikan langsung surat suara yang diturunkan dari truk. Jumlahnya 69 kota surat suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota dengan rincian 68 kotak isi 2.000 surat suara dan 1 kotak isi 889 surat suara, dan 1 kotak surat suara pemilihan ulang dengan warna merah mudah dengan isi 2.000 surat suara.

“Kita sudah berupaya untuk memastikannya, tetapi belum dapat konfirmasi dari sana (PT Pura Barutama). Jadi, ini dulu kita turunkan, disaksikan oleh Pihak Kepolisian dan Panwaslih, kemudian sisanya nanti menyusul setelah mendapat konfirmasi dari perusahaan,” kata Plh Ketua KPU Kota Padangsiidmpuan, Drs H Hatimbulan Siregar SSos.

Surat Suara tersebut dibawa ke dalam ruangan Sekretaris KPU Kota Padangsidimpuan yang saat ini dijadikan sebagai tempat penyimpanan sementara kotak surat suara yang datang dari PT Pura Barutama. Setelah proses penurunan selesai, Kapolres Kota Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya SIK, Komisioner Panwaslih Rahmat Aziz Hasiholan Simamora, dan Kasubbag Keuangan Umum dan Logistik Mahyuni Mardia SSos menggembok pintu ruangan yang dijadikan sebagai tempat penyimpanan sementara.

“Kenapa kita buat 3 gembok seperti ini?, supaya masyarakat tidak khawatir terhadap kecurangan dan ini untuk keamanan surat suara. Kita dari Kepolisian punya 1 gembok, Panwaslih 1 gembok dan KPU 1 gembok. Jadi, harus ada ketiganya (Polisi, Panwaslih, dan KPU) baru dapat membuka pintu penyimpanan ini,” kata Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya SIK. (admin)

Bagikan ini

Comments are closed.

Mengecil dan Memperbesar Huruf
Click to listen highlighted text!