selamat datang di WEBSITE KPU Kota padangsidempuan provinsi sumatera utara   Click to listen highlighted text! selamat datang di WEBSITE KPU Kota padangsidempuan provinsi sumatera utara

Ramadan Discussion Group, Muktar : Semua Memiliki Peran Meningkatkan Partisipasi Pemilih

Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Padangsidimpuan, Muktar Helmi Nasution SPd I MPd saat menjadi Narasumber dalam acara Ramadhan Discussion Group yang digelar Pengurus Cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU), di Aula Hotel Sitamiang, Rabu (23/5).

PADANGSIDIMPUAN

Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Padangsidimpuan menegaskan semua elemen masyarakat memiliki peran penting dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan. Sehingga elemen masyarakat sangat diharapkan memberikan perannya dalam mensukseskan Pilkada Serentak 2018.

Demikian disampaikan Muktar Helmi Nasution SPd I MPd, Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU, saat menjadi narasumber dalam acara Ramadan Discussion Group yang digelar Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU), di Aula Hotel Sitamiang, Rabu (23/5).

Muktar sapaan akrabnya, menjelaskan, KPU Kota Padangsidimpuan telah melaksanakan sosialisasi ke berbagai instansi dan kalangan masyarakat, mulai dari pelajar (pemilih pemula), turun langsung ke masyarakat, dan sosialisasi di berbagai tempat yang mengundang elemen masyarakat, kepemudaan, tokoh masyarakat, tokoh agama dan lainnya. Sehingga seluruh elemen masyarakat Padangsidimpuan memiliki peran yang sama untuk mensukseskan Pilkada Serentak 2018 di Kota Padangsidimpuan.

“Partisipasi itu dipengaruhi dua faktor, eksternal dan internal. Faktoe eksternal juga ada dua yang mempengaruhi, pertama tidak sesuai selera calonnya, kedua tema atau program unggulan itu saja atau tidak ada perubahan. Sedangkan faktor internal yang mempengaruhinya kualiatas SDM penyelenggara Pilkada dab anggarannya.

Makanya dengan anggaran yang sangat relatif, kita berusaha untuk melaksanakan debat publik sekalipun bagi sebagian orang mungkin tidak bisa dilaksanakan debat publik. Sengaja kita lakukan debat antar calon, wakil dan kandidat, kenapa kita buat ini, agar calonnya mampu menyampaikan programnya dan masyarakat dapat melihat langsung bagaimana kemampuan calonnya yang akan membawa Kota Padangsidimpuan 5 tahun ke depan,” jelasnya.

Muktar juga menyampaikan agar seluruh masyarakat Kota Padangisimpuan yang belum memiliki KTP El secepatnya merekam ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Untuk KotaPadangsidimpuan, kalau ada yang tidak terdaftar sebagai pemilih di DPT, boleh memilih menggunakan surat keterangan apabila belum memilki KTP Elektronik. Berapa yang ditargetkan di Padangsidimpuan, saya berani untuk menargetkan 70 persen partisipasi pemilih. Dengan situasi yang seperti ini karena masyarakat sudah mulai pintar,” papar Muktar.

Selain itu, Muktar juga mendorong seluruh kader terbaik organisasi yang ada di Kota Padangsidimpuan untuk mengikuti kontestasi seleksi anggota KPUD yang akan berlangsung dalam waktu dekat.

“Mari kita sama-sama ikuti kontestasinya, bukan bersaing, melainkan kontestasi yang dapat saling mendukung. Saya mengajak seluruh kader terbaik organisasi yang ada di Kota Padangsidimpuan untuk mengikutinya, kepada PPK se Kota Padangsidimpuan juga sudah saya sampaikan ini,” ajak Muktar.

Sementara itu Pj Walikota Padangsidimpuan Dr H Sarmadan Hasibuan SH MM, menyebutkan, selama mengemban tugas Penjabat Walikota Padangsidimpuan. Ia selalu berpesan kepada ASN untuk menjaga netralitas dan mensukseskan Pilkada Serentak.

“Perlu saya sampaikan, tugas dari Pj Walikota, selain pemerintahan, pertama menjaga netralitas ASN. Kedua, mensukseskan Pilkada Serentak 27 Juni mendatang. Saya setiap kegiatan menyampaikan kepada ASN, supaya menjaga netralitas, tidak ada ASN yang boleh terjun langsung mendukung Paslon. Alhamdulillah, sampai saat ini masih terwujud di Kota Padangsidimpuan. Tidak banyak yang terlibat, sebagaimana pilkada sebelumnya. Kedua, supaya Pilkada Serentak bisa sukses di Kota Padangsidimpuan,” pungkasnya.

Pada Pilkada Kota Padangsidimpuan, Sarmadan juga mengungkapkan sedikit kekecewaan terhadap anggaran penyelenggaraan Pilkada.

“Saya sebenarnya sedikit kecewa karena KPU mau komplen dan Panwaslih juga sempat begitu, karena pembahasan di DPRD dilaksanakan secara sepihak. Saya secara pribadi sebenarnya ingin menambah. Saya mencoba yakinkan kepada KPU, dengan dana seadanya akan mampu mensukseskan Pilkada, begitu juga dengan Panwaslih. Serta Kepolisian dan TNI,” tuturnya.

Terkait dengn ISNU, Sarmadan bearharap, para tokoh-tokoh bisa memberikan pembelajaran yang baik terkait partisipasi politik kepada masyarakat. “Mohon dalam memberikan informasi, supaya benar-benar tidak menimbulkan ujaran kebencian. Tidak memberikan provokasi. Saya yakin, dengan grup diskusi yang dilaksanakan sore hari ini akan bergandeng tangan dengan Pemko Psp, KPU dan panwaslih untuk mensukseskan Pilkada Serentak. Siapapun yang terpilih, itulah yang kita hormati dan kita dukung untuk mensukseskan pembangunan,” jelasnya.

Ketua PC ISNU Padangsidimpuan, Rahmat Timbul Halomoan Lubis mengatakan kegiatan yang bertema peningkatan partisipasi pemilih dalam Pilkada Serentak (Pilgubsu dan Pilwalkot) serta menjaga kekondusifan sebagai bentuk upaya dukungan langsung yang diberikan ISNU.

“Ini bagian dari kontribusi kita dalam mensukseskan Pilkada Serentak. Semoga bermanfaat bagi seluruh peserta dan kita semua dapat mengambil peran untuk secara bersama mensukseskan pesta demokrasi ini,” pungkasnya.

Kegiatan itu dibuka langsung oleh Ketua PC NU H Misbahuddin Nasution SH. Kegiatan diskusi itu mengusung tema meningkatkan Partisipasi Pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan serta menciptakan suasana kondusif dalam proses Pilkada Serentak 2018.

Menghadirkan narasumber Koordinator Divisi SDM dan Parmas KPU Kota Padangsidimpuan, Muktar Helmi Nasution SPd I MPd, Kasat Intel Polres Psp AKP Ahmad Fauzi. Turut hadir Pj Walikota Padangsidimpuan, Dr H Sarmadan Hasibuan SH MM, Ketua PC NU Padangsidimpuan H Misbahuddin Nasution SH, Ketua ISNU Rahmat Timbul Halomoan Lubis, mewakili FKUB, Partai Politik, Kepemudaan, dan Mahasiswa. (admin)

Bagikan ini

Comments are closed.

Mengecil dan Memperbesar Huruf
Click to listen highlighted text!