selamat datang di WEBSITE KPU Kota padangsidempuan provinsi sumatera utara   Click to listen highlighted text! selamat datang di WEBSITE KPU Kota padangsidempuan provinsi sumatera utara

Hari Ini Pendaftaran Anggota KPPS Telah Dibuka, Segera Daftar ke PPS Kelurahan/Desa

Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Padangsidimpuan.

PADANGSIDIMPUAN

KPU Kota Padangsidimpuan telah membuka pendaftaran Kelompol Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan tahun 2018.

Hal tersebut sesuai dengan Surat Pengumuman KPU Kota Padangsidimpuan nomor : 518/PP.05.3-Pul/1277/KPU-Kota/V/2018 tentang Pembentukan KPPS Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara serta Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan tahun 2018. Demikian disampaikan oleh Plh Ketua KPU Kota Padangsidimpuan, Muktar Helmi Nasution SPd I MPd, Minggu (19/5).

Muktar mengatakan, pengumuman pendaftaran itu sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 12 tahun 2017 tentang Perubahan Atas PKPU nomor 3 tahun 2015 tentang Tata Kerja KPU, KPU Provinsi/KIP Aceh, KPU/KIP Kabupaten/Kota, Pembentukan dan Tata Kerja PPK, PPS, dan KPPS dalam Penyelenggara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota.

“Inilah dasar hukum pelaksanaannya. Kita sudah umumkan informasi pendaftaran serta persyaratan melalui papan informasi KPU Kota Padangsidimpuan serta PPID dan Website KPU Kota Padangsidimpuan,” katanya.

Muktar yang merupakan Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat mengatakan, jadwal pembentukan KPPS ini berlangsung dari pengumuman pembentukan KPPS sejak tanggal 14 hingga 18 Mei. Kemudian pendaftaran dari tanggal 19 hingga 25 Mei mendatang. Setelah itu dilanjutkan dengan Seleksi Administrasi dari tanggal 20 hingga 31 Mei. Pengumuman hasil akan disampaikan pada tanggal 1 Juni mendatang. Terakhir. Pelantikan KPPS jadwalnya dari tanggal 2 hingga 3 Juni.

“Hari ini (19/5), Pendaftaran KPPS sudah mulai dibuka di PPS masing-masing kelurahan/desa. Informasi lebih lanjut dapat di lihat di laman KPU Kota Padangsidimpuan serta PPS setempat,” jelasnya.

Berikut Persyaratannya…

Muktar juga memaparkan persyaratan umum menjadi Anggota KPPS, yaitu Warga Negara Indonesia (WNI). Kemudian, berusia minimal 17 tahun. Setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dan Cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

Seterusnya, mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil. Tidak menjadi anggota Partai Politik yang dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang sah atau paling singkat dalam jangka 5 tahun tidak lagi menjadi anggota Partai Politik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari pengurus Partai Politik yang bersangkutan. Berdomisili dalam wilayah kerja KPPS.

Mampu secara jasmani, rohani dan bebas penyalahgunaan Narkotika. Berpendidikan paling rendah sekolah lanjutan tingkat atas atau sederajat. Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih.

Tidak pernah diberikan sanksi pemberhentian tetap oleh KPU Kota Padangsidimpuan atau DKPP. Belum pernah menjabat 2 kali sebagai anggota KPPS. Serta perhitungan 2 kali masa jabatan sebagaimana dimaksud (Belum pernah menjabat 2 kali sebagai anggota KPPS) telah menjabat sebagai anggota KPPS selama 2 kali periode penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan dalam tingkatan yang sama.

Selain itu, Kelengkapan Berkas, kata Muktar, fotocopy KTP Elektronik, fotocopy Ijazah terakhir yang dilegalisir oleh pejabat berwenang atau surat keterangan dari lembaga pendidikan formal yang menyatakan bahwa yang bersangkutan sedang menjalani pendidikan sekolah menengah atas/sederajat.

Surat pernyataan yang bersangkutan, pertama, setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dan Cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945. Kedua, tidak menjadi anggota Partai Politik paling singkat dalam jangka waktu 5 tahun.

Ketiga, tidak pernah dipidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih. Keempat, bebas dari penyalahgunaan Narkotika. Kelima, tidak pernah diberikan sanksi pemberhentian tetap oleh KPU Kota Padangsidimpuan atau DKPP apabila pernah menjadi anggota KPPS pada pemilihan umum atau pemilihan. Keenam, belum pernah menjabat 2 kali sebagai anggota KPPS dan terakhir mempunyai kemampuan dan kecakapan dalam membaca, menulis dan berhitung.

Berkas lainnya, masih penyampaian Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, surat keterangan kesehatan dari puskesmas atau rumah sakit setempat, pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar, dan berkas pendaftaran Calon Anggota KPPS disampaikan kepada KPU Kota Padangsidimpuan melalui PPK sebanyak 2 rangkap yang terdiri dari rangkap asli dan rangkap fotocopy di dalam map.

“Inilah semua informasi pendaftaran anggota KPPS yang sudah mulai dibuka. Jika memenuhi syarat, ayo daftar. Mari kita sukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan. Suaramu untuk Sumatera Utara, Suaramu untuk Padangsidimpuan,” pungkasnya. (admin)

Bagikan ini

Comments are closed.

Mengecil dan Memperbesar Huruf
Click to listen highlighted text!