selamat datang di WEBSITE KPU Kota padangsidempuan provinsi sumatera utara   Click to listen highlighted text! selamat datang di WEBSITE KPU Kota padangsidempuan provinsi sumatera utara

Debat Publik Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Periode 2018-2023, Berikut Tata Tertibnya…

Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Padangsidimpuan.

PADANGSIDIMPUAN

Sebelum memulai kegiatan Debat Publik Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Periode 2018-2023, moderator membacakan Pasangan Calon, tamu, undangan dan tim pendukung tata tertib mengikuti kegiatan Debat Publik.

Tata tertib ini terbagi ditujukan untuk pasangan calon serta tamu, undangan dan tim pendukung yang ada di dalam Gedung Serba Guna Harapan Bunda yang menjadi tempat pelaksanaan Debat Publik.

“Untuk pasangan calon. Pertama, setiap calon walikota diberikan waktu selama 5 menit untuk memaparkan visi-misi serta program unggulannya dalam membangun Kota Padangsidimpuan,” kata Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Padangsidimpuan, Muktar Helmi Nasution SPd I MPd, saat membacakan tatib.

Kedua, lanjut Muktar, setiap Pasangan Calon diberikan waktu 2 menit untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh moderator, kemudian pasangan calon lain diberikan waktu 1 menit untuk menanggapi jawaban dari pasangan calon.

Ketiga, hitungan waktu dimulai ketika Pasangan Calon berbicara. Keempat, tidak dibenarkan memotong pembicaraan Pasangan Calon yang sedang menjawab pertanyaan. Kelima, setiap Pasangan Calon tidak boleh memberi pertanyaan menyerang personal (pribadi) Pasangan Calon yang lain.

Keenam, pertanyaan antar Pasangan Calon hanya seputar program dan visi misi. Ketujuh, setiap Pasangan Calon diberikan waktu 2 menit untuk memberikan pertanyaan kepada Pasangan Calon lain. Kedelapan, setiap Pasangan Calon diberikan kesempatan memberikan 3 pertanyaan kepada masing masing Pasangan Calon lain.

“Kesembilan, setiap Pasangan Calon diberikan waktu selama 3 menit untuk menyampaikan pernyataan penutup,” kata Muktar yang menjadi Moderator Debat Publik Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan tahun 2018.

Sedangkan untuk tamu undangan dan pasangan calon, masih penyampaian Muktar, pertama, tamu dan undangan diberikan kesempatan untuk bertanya atau memberikan pernyataan sebanyak 6 orang. Kedua, tamu dan undangan dan pendukung dilarang melakukan intimidasi dalam bentuk ucapan maupun tindakan, wajib menjaga ketertiban demi kelancaran acara Debat Publik.

Ketiga, tamu dan undangan dan pendukung hanya dibolehkan bertepuk tangan setelah pasangan calon selesai memaparkan visi misi dan pernyataan penutup. Keempat, pendukung dilarang memprovokasi pendukung lain yang dapat menimbulkan kegaduhan saat debat pasangan calon sedang berlangsung.

“Kelima, bagi tamu, undangan dan pendukung yang tidak menaati atau melanggar aturan ini akan dikeluarkan oleh panitia,” pungkasnya. (admin)

Bagikan ini

Comments are closed.

Mengecil dan Memperbesar Huruf
Click to listen highlighted text!