Click to listen highlighted text!

Debat Kampanye Pasangan Calon, Berikut Jadwal dan Tempat Pelaksanannya…

Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Padangsidimpuan.

PADANGSIDIMPUAN

Debat Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan merupakan salah satu upaya untuk menyebarluaskan profil, visi dan misi serta program kerja para Pasangan Calon kepada masyarakat. Dengan adanya debat, posisi kebijakan Pasangan Calon akan dapat dielaborasi lebih dalam dan luas atas tema yang didiskusikan.

Hal itu disampaikan oleh Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Muktar Helmi Nasution SPd I MPd, beberapa waktu lalu.

Selain itu, kata Muktar, Debat Publik merupakan wujud dari pendidikan politik kepada masyarakat yang dilaksanakan secara bertanggungjawab dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan tahun 2018.

“Diharapkan dengan pelaksanaan debat publik terbuka ini dapat memberikan informasi yang komprehensif sebagai pertimbangan masyarakat dalam menentukan pilihannya pada tanggal 27 Juni mendatang,” paparnya.

Lebih lanjut, Muktar mengatakan, debat kampanye (debut publik) ini akan berlangsung pada Hari Senin (14/5) di Gedung Harapan Bunda Sihoring-Koring Kelurahan Batang Ayumi Julu Kecamatan Padangsidimpuan Utara.

“Di dalam Technical Meeting Debat Kampanye, kita sudah sampaikan persiapan yang harus dilaksanakan Pasangan Calon/Tim ketika debat berlangsung. Kita hanya memfasilitasi tamu undangan yang 60 orang untuk makanan, sedangkan untuk tim atau pendukung disediakan oleh masing-masing Pasangan Calon,” pungkasnya.

Disamping itu, Muktar mengatakan Pasangan Calon wajib hadir mengikuti debat publik yang diselenggarakan oleh KPU Kota Padangsidimpuan. Sanksi akan diberikan apabila ada Pasangan Calon yang tidak hadir.

“Kita akan memberikan sanksi sesuai aturan, yaitu Iklan Kampanye di media massa tidak akan ditayangkan bagi Pasangan Calon yang tidak hadir,” jelas Muktar.

Pada saat itu, Muktar juga menjelaskan elemen masyarakat secara terbuka diberikan haknya untuk menyampaikan pertanyaan atau pernyataan kepada Pasangan Calon saat debat publik berlangsung.

“Kenapa debat publik ini tidak di Medan, kenapa tidak ditayangkan di Televisi?, karena ketersediaan anggaran yang kita miliki tidak mencukupi, anggaran debat kampanye yang kita punya hanya sekitar Rp10,7 juta. Walaupun demikian, kita akan bekerjasama dengan Radio Kiis Fm dan Rau Fm untuk penyiaran serta penayangan langsung di akun Media Sosial resmi KPU Kota Padangsidimpuan,” paparnya. (admin)

Bagikan ini

Comments are closed.

Mengecil dan Memperbesar Huruf
Click to listen highlighted text!