Click to listen highlighted text!

Pagelaran Seni Budaya Menyongsong Pemilu, Ingat Pemilu Serentak 17 April 2019

Ketua Partai Politik atau Perwakilan Pengurus Partai Politik Peserta Pemilu 2019 memperlihatkan nomor urut partai dalam acara Pagelaran Seni Budaya Menyongsong 1 Tahun Pemilu Serentak tahun 2019 yang diselenggarakan KPU Kota Padangsidimpuan, di Alaman Bolak Nadimpu, Sabtu (21/4).

PADANGSIDIMPUAN

Jajaran KPU Kota Padangsidimpuan melaksanakan kegiatan Pagelaran Seni Budaya Menyongsong 1 tahun Pemilu Serentak 2019, di Alaman Bolak Nadimpu, Sabtu (21/4).

“Dasar kita melaksanakan Pagelaran Seni Budaya ini, kita ingin memberitahukan kepada masyarakat Kota Padangsidimpuan bahwa Pemilu Legislatif tahun 2019 akan dilaksanakan pada Hari Rabu, 17 April tahun 2019,” kata Ketua KPU Kota Padangsidimpuan, Dr H Arbanur Rasyid MA, saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi.

Oleh karena itu, kata Arbanur, persiapan-persiapan terkait dengan Pemilu sudah lakukan Komisi Pemilihan Umum. “Untuk itu, kepada peserta pemilu tahun 2019 tentu mempersiapkan hal-hal yang dianggap perlu untuk duduk nanti sebagai anggota DPR, Anggota DPRD Provinsi, Anggota DPRD Kota Padangsidimpuan,” jelasnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia telah memutuskan Daerah Pemilihan (Dapil) di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Salah satunya Kota Padangsidimpuan, masih tetap 3 Dapil untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan KPU RI nomor 265/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/2018 tentang Penetapan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Berdasarkan Keputusan tersebut. Untuk Padangsidimpuan, Dapil 1 Ada 2 Kecamatan, Kecamatan Psp Hutaimbaru dengan jumlah penduduk 20.381 orang dan Kecamatan Psp utara ada 62.325 orang dengan alokasi kursi sebanyak 11 kursi. Kemudian, Dapil 2 ada 3 Kecamatan, Kecamatan Psp Angkola Julu jumlah penduduk 9.279 orang, Kecamatan Psp Batunadua sebanyak 28.294 orang, dan Kecamatan Psp Tenggara 37.261 orang. Sedangkan jumlah kursinya masih tetap sama, yaitu 10 kursi. Dapil 3, hanya Kecamatan Psp Selatan dengan jumlah penduduk sebanyak 70.871 orang, dan jumlah kursi 9 kursi.

“Total keseluruhan masih tetap 30 kursi. Itulah hasil yang telah keluar untuk Pemilihan Legislatif tahun 2019 mendatang,” paparnya.

“Mudah-mudahan pada sambutan ini, meskipun agak sedikit dingin, akan tetapi kita semua merasa hangat, karena Pilkada akan datang di Kota Padangsidimpuan. Siapapun nanti yang terpilih, bagi kami semua adalah sama. Tentu pilihan berbeda, akan tetapi kita tidak akan mau karena Pilkada kita bercerai berai, dinamika boleh terjadi, perbedaan boleh terjadi, tetapi kita harus memelihara mora, kahanggi dan anak boru. Melalui ini, maka pagelaran seni dan budaya untuk menyongsong pemilu 2019, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, maka saya nyatakan dibuka,” tambahnya.

Sementara itu Pj Walikota Padangsidimpuan Dr H Sarmadan Hasibuan SH MM yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Drs Mahlil Harahap, mengatakan, Pemko Padangsidimpuan sebagai unsur pemerintah menganggap bahwa Pilkada Serentak yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Kami dari Pemko Padangsidimpuan, kami akan melaksanakan untuk tidak ikut dalam berpolitik praktis. Mudah-mudahan kita mendapatkan pemimpin yang baru di Kota Padangsidimpuan yang benar-benar dari hati nurani masyarakat Kota Padangsidimpuan. Dan pagelaran seni budaya ini pagelaran dari seluruh unsur masyarakat Kota Padangsidimpuan untuk mempersatukan kita semua,” tuturnya.

Setelah acara pembukaan, Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Muktar Helmi Nasution SPd I MPd mempersilahkan pimpinan partai politik pemilu 2019 untuk berdiri di hadapan panggung acara sehingga masyarakat dapat mengenali dan mengetahui partai politik yang akan mengikuti Pemilu 2019 mendatang di Kota Padangsidimpuan.

Dari seluruh Pimpinan Partai Politik Pemilu 2019 yang sengaja diundang dalam kegiatan itu, hanya beberapa partai politik yang hadir. Padahal, kegiatan itu bertujuan agar masyarakat dapat mengenali secara langsung pimpinan Partai Politik yang akan mengikuti Pemilu 2019 mendatang.

“Saya pun bingung, seharusnya dengan acara yang dibuat KPU ini mendapat sambutan hangat dari Ketua Partai Politik, karena ini adalah upaya untuk memperkenalkan partai dan nomor urut partai politik peserta Pemilu Serentak 2019.

Dari yang saya lihat, yang hadir Ketua Partai Demokrat H Khoiruddin Nasution SE MSP, Ketua Partai Bulan Bintang H Abdul Wahid Lubis, Ketua Partai Golkar Irsan Efendi Nasution SH, Ketua Partai PSI Sandi Gus Rio Harahap, Sementara partai yang mewakili Ketua adalah PKPI, Hanura, PPP, Perindo, PDIP, Gerindra. Sedangkan partai politik yang tidak hadir ada 5, yaitu PKB, Partai Garuda, PAN, Partai Nasdem dan PKS,” sebut Muktar.

Kegiatan Pagelaran Seni Budaya Menyongsong Pemilu 2019 ini menampilkan tor-tor, tarian-tarian daerah, Kuda Kepang, dan Lagu-lagu daerah. Diakhir acara, KPU Kota Padangsidimpuan membagi-bagikan hadiah lucky draw berupa kulkas, sepeda, kipas angin, gas, dan hadiah lainnya. Hadir seluruh PPS, PPK, dan jajaran KPU Kota Padangsidimpuan serta Unsur Pimpinan Daerah Kota Padangsidimpuan. Kemudian, Panwaslih dan masyarakat Kota Padangsidimpuan yang diundang langsung menghadiri acara tersebut. (admin)

Bagikan ini

Comments are closed.

Mengecil dan Memperbesar Huruf
Click to listen highlighted text!