Click to listen highlighted text!

Untuk Calon Kandidat Pilkada Padangsidimpuan, Ini Jadwal dan Syarat Pendaftaran

PADANGSIDIMPUAN

‎Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangsidimpuan telah mengeluarkan surat pengumuman resmi terkait dengan jadwal dan syarat pendaftaran Bakal Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota.

Hal itu sesuai dengan Surat Pengumuman ‎ nomor 01.a/PP.05.3-PU/1277/KPU-Kota/I/2018 tentang Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan tahun 2018.

“Ya. Sesuai dengan jadwal tahapan pendaftaran, kita (KPU) melaksanakan pengumuman atau memberitahukan kepada masyarakat secara luas dari tanggal 1 hingga 7 Januari,” kata Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat‎ KPU Kota Padangsidimpuan, Muktar Helmi Nasution SPd I MPd, kepada Harian Metro Tabagsel, beberapa waktu lalu.

Muktar sapaan akrabnya mengatakan, ‎pengumuman itu berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kota Padangsidimpuan Tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan Tahun 2018 Nomor 528/PP.02.3-Kpt/1277/KPU-KOTA/IX/2017 tertanggal 08 September 2017. Dalam rangka memenuhi ketentuan BAB IV, Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kota Padangsidimpuan Nomor: 829/PP.02.3-Kpt/1277/KPU-KOTA/XI/2017 tentang Perubahan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kota Padangsidimpuan Nomor 529/PP.02.3-Kpt/1277/KPU-KOTA/IX/2017 tentang Pencalonan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan Tahun 2018.

“Dengan ini diumumkan pendaftaran Bakal Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan untuk periode 2018-2023 dari Partai Politik dan/atau Gabungan Partai Politik dan Perseorangan dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan Tahun 2018,” jelasnya.

Pendaftaran dibuka dari tanggal 8 hingga 10 Januari mendatang. ‎Sedangkan waktu pendaftaran dibuka dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB, khusus hari terakhir (10 Januari) dibuka dari pukul 08.00 WIB hingga 24.00 WIB.

‎”Tempat pendaftaran diKantor Komisi Pemilihan Umum Kota padangsidimpuan. Alamat lengkapnya di ‎ Jalan Sultan Hasanuddin Nomor 35 Padangsidimpuan Kelurahan Kantin, Kecamatan Padangsidimpuan Utara,” paparnya.

Persyaratan yang harus dipenuhi, lanjut Muktar, ‎ Bakal Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan tahun 2018 adalah Warga Negara Indonesia, yang memenuhi Persyaratan sebagaimana diatur dalam Pasal 4 Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2017 Tentang Perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Persyaratan Partai Politik atau Gabungan Partai Politik yang mencalonkan Walikota dan Wakil Walikota pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan Tahun 2018 adalah Partai Politik atau Gabungan Partai Politik yang memperoleh paling sedikit 6 (enam) kursi pada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Padangsidimpuan atau mempunyai suara sah paling sedikit 26.956 (dua puluh enam ribu sembilan ratus lima puluh enam) suara sah, hasil Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tahun 2014.

“Pada saat Pendaftaran, Bakal Pasangan Calon dari Partai Politik dan/atau Gabungan Partai Politik menyerahkan Surat Pencalonan (Model B KWK-PARPOL) beserta Lampirannya dan Pemenuhan Syarat Pencalonan lainnya, Visi, Misi dan Program kerja secara tertulis, daftar nama tim kampanye,” ujarnya.

Selanjutnya, ‎Bakal Pasangan Calon Perseorangan menyerahkan Surat Pencalonan (Model B-KWK PERSEORANGAN) beserta lampirannya dan pemenuhan syarat pencalonan lainnya, menyerahkan Berita Acara Hasil Penelitian dan Rekapitulasi Dukungan Bakal Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan di Panitia Pemilihan Kecamatan (Model BA.6-KWK PERSEORANGAN), Visi, Misi dan Program kerja secara tertulis, daftar nama tim kampanye.

Surat Pencalonan beserta lampirannya dimasukkan ke dalam Map dan ditulis dengan huruf Kapital nama Bakal Pasangan Calon dari Perseorangan dan dari Partai Politik atau gabungan Partai Politik yang mencalonkan yang dibuat dalam 2 (dua) rangkap.

“Berkasnya 1 (satu) rangkap berkas asli, 1(satu) rangkap berkas fotocopy‎ dan dimasukkan dalam map yang berbeda. Foto Terbaru, Pas Foto Berwarna ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar, Pas Foto Hitam Putih ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar, Foto calon ukuran 10.2 cm x 15.2 cm (4R) sebanyak 2 lembar, Softcopy Foto sebagaimana huruf a, huruf b, dan huruf c. Dan‎ Bakal Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan Tahun 2018 diwajibkan hadir pada saat Pendaftaran,” pungkasnya.

Muktar juga menegaskan bahwa informasi Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan tahun 2018 ini akan diumumkan melalui media massa, Sekretariat KPU dan website resmi KPU Kota Padangsidimpuan. (Admin)

Bagikan ini

Comments are closed.

Mengecil dan Memperbesar Huruf
Click to listen highlighted text!