Click to listen highlighted text!

KPU Padangsidimpuan Verifikasi Faktual ke Sekretariat PSI

Jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangsidimpuan saat melaksanakan Verifikasi Faktual di Sekretariat DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Padangsidimpuan, Sabtu (23/12).

PADANGSIDIMPUAN

Jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangsidimpuan melaksanakan Verifikasi Faktual ke Sekretariat DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Padangsidimpuan, Sabtu (23/12) lalu.

Verifikasi Faktual ini merupakan penelitian dan pencocokan terhadap kebenaran objek di lapangan dengan dokumen persyaratan Partai Politik menjadi Peserta Pemilu.

Dalam vertual (Verifikasi Faktual) ini, KPU Kota Padangsidimpuan membuktikan keabsahan dan kebenaran persyaratan Partai Politik yang meliputi jumlah dan susunan kepengurusan Partai Politik, pemenuhan 30% (tiga puluh persen) keterwakilan perempuan pada kepengurusan Partai Politik tingkat kabupaten/kota, domisili Kantor Tetap kepengurusan Partai Politik dan keanggotaan Partai Politik paling sedikit 1.000 (seribu) orang atau 1/1.000 (satu perseribu) dari jumlah Penduduk pada setiap kepengurusan Partai Politik.

Seterusnya, KPU Kota Padangsidimpuan mencocokkan kebenaran daftar nama pengurus yang tercantum dalam formulir LAMPIRAN 4 MODEL F1-PARPOL dengan nama pengurus Partai Politik yang bersangkutan. Serta mencocokkan domisili Kantor Tetap yang tercantum dalam surat keterangan alamat Kantor Tetap Partai Politik, dan lainnya yang menjadi bagian dari verifikasi faktual.

“Hal-hal yang diperlukan dalam Verifikasi Faktual Partai Politik agar diberikan (diperlihatkan, red). Dengan harapan nantinya lahirlah partai politik yang taat azas pemilu,” kata Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Muktar Helmi Nasution SPd I MPd, saat memberikan sambutan pembukaan dalam kegiatan Vertual di Sekretariat PSI.

Panwaslih Kota Padangsidimpuan diwakili Staf Pengawasan Hubungan Antar Lembaga Zul Hajji Siregar mengatakan, vertual ini untuk menyesuaikan data yang diberikan ke KPU dengan yang ada di lapangan.

“Jika sudah sesuai dengan aturan, maka akan menjadi partai politik di pemilu. Kita juga berharap, mudah-mudahn verifikasi ini berjalan dengan baik. 2019, PSI resmi menjadi peserta,” jelasnya.
Ketua DPD PSI Padangsidimpuan, ‎Sandy G Endar Hakim mengatakan sangat berharap PSI bisa lahir sebagai Partai Politik peserta Pemilu 2019 mendatang yang membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

“Kami juga mengatakan mudah-mudahan bisa menjadi peserta politik baru, dan bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat,” paparnya.

Komisioner KPU Kota Padangsidimpuan Muktar Helmi Nasution SPd I (Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat) Ahmad Rasid Nasution SPd (Divisi Perencanaan dan Data)
Dibantu oleh Dheka Ria Murti Lubis SH dan jajaran KPU Kota Padangsidimpuan serta disaksikan Panwaslih Psp melaksanakan Vertual di Sekretariat DPD PSI Padangsidimpuan.

“Kami nyatakan untuk saat ini memenuhi persyaratan, verifikasi faktual. Dengan ucapan Alhamdulillah, verifikasi faktual, kami nyatakan selesai,” tutup Muktar Helmi Nasution SPd I MPd. (Admin)

Bagikan ini

Comments are closed.

Mengecil dan Memperbesar Huruf
Click to listen highlighted text!