Click to listen highlighted text!

Rp. 24 Juta Menanti Para Pemenang Sayembara…

Dalam rangka pelaksanaan persiapan tahapan Pilkada serentak 2018, sekaligus sebagai sarana sosialisasi meningkatkan partisipasi masyarakat secara luas, KPU Kota Padangsidimpuan, mengadakan perlombaan desain maskot Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan.

“Perlombaan ini bebas dan umum,” ucap Komisioner KPU Kota Padangsidimpuan Mukhtar Helmi Nasution kepada wartawan, Senin 28 Agustus 2017. “Slogan perlombaan ‘Suaramu Untuk Padangsidimpuan, 27 Juni on Rap Mancoblos Hita Sude’,” sambungnya.

Persyaratan, kata Mukhtar, peserta yang berhak mengikuti adalah masyarakat umum, termasuk badan usaha, asosiasi, perorangan, kelompok, penyedia, lembaga pendidikan (riset) dan lainnya.

“Peserta lomba adalah enduduk Kota Padangsidimpuan yang dibuktikan dengan fotocopy KTP, SIM, Kartu Mahasiswa/Pelajar. Peserta tidak dipungut biaya pendaftaran (gratis). Setiap peserta hanya bisa mengikuti 1 (satu) jenis sayembara maskot atau jingle,” sebutnya.

Peserta mendaftarkan diri dan mengisi formulir dapat diunduh di website KPU Kota Padangsidimpuan (kpud-padangsidempuankota.go.id) atau dapat diambil langsung ke Kantor KPU Kota Padangsidimpuan, Jalan Sultan Hasanuddin No. 35, setiap jam kerja pada masa jadwal pengumuman pendaftaran.

“Penyerahan fotokopi kartu identitas diri (KTP/SIM/Kartu Mahasiswa/Pelajar) yang diserahkan bersamaan dengan karya peserta. Maskot dan jingle harus karya asli dan belum pernah dilombakan,” kata Mukhtar.

Maskot dan jingle bertema kepemiluan khususnya terkait dengan Kota Padangsidimpuan. Materi maskot dan jingle mempertimbangkan kearifan lokal Kota Padangsidimpuan. Seluruh materi maskot dan jingle yang sudah diserahkan kepada panitia tidak dapat ditarik kembali.

Maskot pemenang menjadi ‘Hak Paten’ KPU Kota Padangsidimpuan dan menjadi bahan sosialisasi Pilkada. “Keputusan tim juri tidak dapat diganggu gugat,” tandas Mukhtar.

Maskot juga harus dapat diaplikasikan di berbagai media seperti media cetak, media digital (animasi flash/GIF) atau dianimasikan di media film/televisi serta diaplikasikan sebagai merchandise dan kostum untuk media sosialisasi atau promosi.

Desain maskot memiliki sifat yang ramah, non partisan, dinamis, menghibur dan mengundang motivasi untuk menggunakan hak pilih pada Pilkada Tahun 2018. Desain maskot juga harus menggunakan warna dasar KPU (Cyan: 0, Magenta: 60, Yellow: 100, Black: 100) sebagai warna dominan.

Desain maskot dibuat dalam 3 (tiga) dimensi yang menampilkan bagian depan, belakang, utuh pose aksi tampak 3/4 serta black and white. File dikirimkan dalam bentuk soft file dengan format Vector dan format JPEG resolusi 72 dan 300 dpi atau maksimal 4 MB. Diberi nama dan penjelasan singkat maksimal 150 kata.

Kategori jingle dengan durasi maksimal 5 menit, lirik wajib berbahasa daerah dan memasukkan slogan sayembara
‘Suaramu untuk Padangsidimpuan, 27 Juni on rap mancoblos hita sude’, minimal menggunakan 1 (satu) alat musik.

Kemudian, melodi jingle adalah karya asli, wajib disertakan dengan notasi balok/angka. Menyebutkan dengan jelas nama penulis liryc dan lagu. Mengirimkan karya dalam bentuk soft copy dengan format MPEG dan hardcopy dalam bentuk CD. Menyertakan penjelasan singkat secara tertulis tentang jingle yang dibuat maksimal 150 kata.

“Pengumuman lomba 28 Agustus – 4 September. Pendaftaran dan enerimaan karya peserta 29 Agustus – 26 Septenber. Penilaian tim juri 27-29 September. Pengumuman pemenang 4 Oktober 2017. Penyerahan hadiah pada saat lounching Pilkada Kota Padangsidimpuan,” terang Mukhtar.

“Hadiah maskot pilkad, juara 1 Rp 5.000.000,00, juara 2 Rp 4.000.000,00, juara 3 Rp 3.000.000,00. untuk jingle, juara 2 Rp 5.000.000,00, juara 2 Rp 4.000.000,00, juara 3 Rp 3.000.000,00. Total hadia Rp 24.000.000,00,” pajak ditanggung pemenang tutup Mukhtar.

Bagikan ini

Comments are closed.

Mengecil dan Memperbesar Huruf
Click to listen highlighted text!